Bantuan Bibit Cabe untuk Peningkatan Pangan Keluarga Prasejahtera Kelurahan Oro-oro Dowo

KIM-RoDoWo, Malang, Kecamatan Klojen, Kelurahan Oro-oro Dowo di 2 RW mendapatkan bantuan bibit cabe, pipuk, dan polibag dari Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pertanian dan Pangan. Kedua RW tersebut adalah RW 08 dan RW 09, Jumat, (11/11).

Dinas Perranian dan Pangan Kota Malang melalui Pokja TP PKK Kota melaluo Pokja 3 TP PKK Kecamatandiserahkan langsung ke 11 Kelurahan dan diterima langsung oleh masing-masing Pokja PKK RW.

Sedangkan Pokja PKK RW 09 dan 8 menerima langsung bantuan cabe bahwa penyerahan tersebut didampingi langsung oleh Lurah Kelurahan Oro-oro Dowo beserta Bu Lurah selaku ketua TP PKK Kelurahan beserta pengurus TP PKK RW 09 dan 09, tentu saja bersama ketua RW masing-masing. Senin, (14/11/2022)

Bagaimanapun juga, perlu diketahui bahwa bantuan cabe tersebut dari CSR BI untuk TP PKK Kota yang mekanismenya melalui dari Dinas Pertanian dan pangan Pemerintah Kota Malang.

So, TP PKK RW menerima bantuan cabe dari TP PKK Kota diterimakan dari TP PKK Pokja 3 Kecamatan Klojen, bahwa masing-masing menerima bantuan bibit cabe sebanyak 100 polibag pada kelompok Kerja TP PKK RW untuk membantu meningkatkan produksi panen.

Lebih lanjut, Pak Lurah Solikin melakukan oe dampingan langsung dan didampingi oleh ketua RW pada saat menerima bantuan tersebut di RW 09 yang kemudian bergeser ke RW 08.

“Bantuan bibit cabai sebanyak itu diterimakan dari TP PKK Kota Malang yang bersumber dari Dinas Perranian dan Pangan,” jelas Solikin selaku Lurah.

Dan dia menambahkan bahwa bantuan tersebut disalurkan ke kelompok tani RW-RW tersebut adalah bertujuan untuk peningkatan produksi cabe di lingkungan warga disamping mengatasi persoalan pangan yang dikawatirkan pemerintah untuk menghadapi resesi ekonomi tahun depan bila hal tersebut benar-benar terjadi.

Bantuan tersebut diharapkan mampu membantu meningkatkan produksi pangan khususnya panen cabai di tingkat petani warga RW, bahwa jenis tanaman ini cukup cocok di lingkungan terbatas dengan media polibag, dan juga diminati karena kwalitas cabe harga jual relatif tinggi.

Selain tanaman cabai, kata Pak Rocman Wahyudi yang akrab dipanggil Awik, menjelaskan bahwa di lingkungannya, cukup strategis dan sesuai bila ditanami berbagai tanaman produktif termasuk cabe dengan media polibag.

“Dengan bantuan tanaman cabe ini akan kami rawat bersama TP PKK Pokja 3. Lebih dari itu, tanaman ini dusamping peningkatan produksi pangan tetapi juga untuk mempercantik lingkungan. Inilah yang namanya Cantik dan Produktif,” paparnya.

Lanjutnya, dia menerangkan akan terus meningkatkan produktifitas tanaman produktif di lahan kosong atau lahan tidur yang ada, bahwa sebelumnya sudah ada tetapi masih sangat butuh sentuhan tangan ramah dan cantik menjadi peningkatan produksifitas pertanian dan kampoeng tematik ke depan. (awik.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *