Pamungkas, Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI 78, Kelurahan Oro-oro Dowo Gelar Jalan Sehat

MALANG, KIM-RODOWO, – Meriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Kelurahan Oro-oro Dowo Kecamatan Klojen gelar jalan sehat libatkan seluruh komponen LK (lembaga kelurahan), Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat 10 RW/95 RT.

Acara dibuka secara langsung oleh Solikin selaku Lurah d8dampingi para tokoh masyarakat dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas di halaman kantor Kelurahan Jl. Kunir No.9. Minggu, (10/9/2023)

Rivaldi Priambodo, ketua Karang Taruna Puspa Nagari Kelurahan Oro-oro Dowo bertindak sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan jalan sehat memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang mengambil rute kurang lebih 3.7 Km, started dari Kantor Kelurahan Jl. Kunir No.9, Jl. Bs. Riadi, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Semuru, Jl. Welirang, Jl. Raung, Jl. Guntur, Jl. Baluran dan kembali ke Finish di Kantor Kelurahan yang telah berdiri panggung hiburan titik kimpul warga Raodowo.

Kegiatan jalan sehat yang digelar oleh pihak kelurahan dan Karangtaruna sebagai pihak pelaksana, gelaran ini adalah acara penutup seluruh rangkaian kegiatan di 10 RW yang telah memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun.

Di tingkat Kelurahan, puluhan tahun kagiatan seperti ini tak pernah diadakan di Kantor Kelurahan Oro-ori Dowo. Solikin, SE., selaku Lurah, mencoba menyenangkan hati masyarakatnya dengan memeriahkan HUT RI 78 dengan seluruh komponen LK dan RW bergotong-royong menggelarnya.
 
Seluruh masyarakat Rodowo yang ikut nampak antusias meski rute dianggap cukup jauh, sekitar 3.7 Km, walaupun hanya di sekitar lingkungan Kelurahan Oro-oro Dowo.

Situasi jalan sehat dalam pantauan awak media, 800an orang peserta lebih yang hadir, 2.800 kupon terjual, doorprize 100 pack sembako, dan 12 hadiah utama. Dan, 50 tenant lebih dari 30 UMKM resmi yang tergabung, semua productnya ludes terjual.

Kegiatan ini selain didukung masyarakat, juga didukung dari BAPEDA dengan product pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, BANK JATIM & SAMSAT Kota Malang, dengan product pembebasan pajak bermotor (PKB), bebas bea balik nama, dan bebas sanksi administrasi bermotor. KIMIA FARMA dengan produc ceck up kesehatan gtatis, INDOSAT DAN SMARTFREN jual product kartu perdana dan bantuan tenda fasilitasi UMKM.

“Sinergisitas yang baik ini sebagai modal mengisi kemerdekaan demi majunya bangsa Indonesia di masa depan, kami ucapkan kepada semua pihak yang turut serta membantu terlaksananya jelan sehat ini,” ucap Vava Ketua Katar Rodowo.

“Kedepan, sesuai dengan harapan teman-teman katar dan masyarakat, kami akan berusaha sebaik mungkin. Lebih baik dari hari ini, termasuk acara, hadia utama dan memperbanyak peserta UMKM dan pihak pendukung lainnya,” tuturnya

Dihubungi secara terpisah, Solikin Lurah Oro-oro Dowo, menyampaikan bahwa kegiatan ini momentum yang tepat di hari kemerdekaan RI dalam menggelorakan kembali semangat nasionalisne ditengah masyarakat, khususnya generasi muda dan juga penghormatan kepada jasa para pahlawan terdahulu yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Berdasarkan informasi darinya, Solikin, kegiatan ini pertama kali diadakan setelah tahun 2005an ketika Lurahnya masih Pak Yayan terahkir kali diadakan jalan sehat memperingati HUT RI. Dan beberapa sumber dari tokoh masyarakat, bahwa yang terakhir kalinya digelar kegiatan jalan seperti seperti ini.

“Alhamdulillah, kegiatan ini cukup sukses, kami ucapkan kepada semua pihak yang ikut berperan, dan tak kupa untuk semua peserta UMKM yang ikut memeriahkan acara ini. Dan saya lihat sendiri hampir 50an UMKM senua productnya ludus digruduk oleh masyarakat,” tutur Solikin. (awik/qq/kdr)

Authors: awik wahyudi/rizky fadilah/kadir wahyudi
Editor: sandika maulana putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *