4 KiM, Pelatihan Peningkatan Podcast Bareng Diskominfo Kota Malang

MALANG, KIM-RODOWO, – Di tengah maraknya podcast sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat di Medsos, KIM-RODOWO bersama Diskominfo Kota Malang melakukan peningkatkan program keterampilan khusus melalui program podcast dengan objek pelaku UMKM sebagai media pembelajaran podcast.

Program peningkatan keterampilan khusus melalui program podcast yang difasilitasi oleh Diskominfo Kota Malang dalam bimbingan langsung, bahwa ada 4 KIM (kelompok komunikasi masyarakat), yaitu: KIM-RODOWO, KIM-GERABAH, KIM-KIDUL DALEM, dan KIM-OBAMA, telah dilaksanakan pada akhir Agustus 2023 yang lalu. Selasa, (4/9/2023)

Storyboard Podcast UMKM menyesuaikan potensi wilayah masing-masing KIM, termasuk judul Profil UMKM, serta narasumber adalah pemilik usaha UMKM tersebut, maupun hostnya.

Pelatihan peningkatan ini bertajuk pada Podcast Makoswara Cita merupakan program Radio Makoswara Cita Diskominfo Kota Malang dalam bentuk dialog, wawancara, tanya jawab
reportase sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh pihak Diskominfo sendiri.

Podcast Makoswara Cita akan ditayangkan di Channel resmi Youtube Pemerintah Kota Malang @PemerintahkotaMalang; dengan durasi podcast 30- 45 menit.

Febri, sebagai pendamping pelatihan podcast dari Diskominfo Kota Malang menyampaikan bahwa diberikannya pelatihan peningkatan keterampilan khusus program podcast, karena ke-empat KIM tersebut pemula dan mendapatkan score tertinggi menurut penilaian diskominfo pada bulan Juni-Juli 2023, sehingga diberi pelatihan khusus sebagai reward.

“Berdasarkan penilaian aktifitas unggahan berita, baik IG, TikTok, maupun Berita Narasi dsn score masing-masing KIM tersebut relatif tinggi, sehingga kami mengambil 4 KIM sementara, selanjutnya akan kami beri kesempatan bagi KIM lain,” terang Febri.

Kemudian, Ia melanjutkan kenapa pelatihan Podcast itu fokus pada UMKM menengah kebawah sebagai object media pembelajaran, alasan pertama adalah mengangkat UMKM di sekitar wilayah teritorial KIM setempat dan kedua membantu untuk mempromosikan atau mempopulerkan product UMKM setempat.

“Disamping sebagai belajar podcast, kenapa kok UMKM sebagai objectnya? KIM itu sebagai mitra UMKM lho, jadi kita perlu membantu untuk peningkatan penjualan dan pendapatan mereka serta mempopulerkan usahanya dengan kemampuan podcast KIM ini.” Katanya.

Jadual Podcast yang telah dilaksanakan,
PODCAST POTENSI WILAYAH:

  1. KIM Gerabah
     Tgl 29 Agustus 2023
     Jenis Usaha: Pengrajin Pot Batu Tempel
     Narasumber : Rofi’i
  2. KIM OBAMA
    Tgl : 28 Agust 2023
    Jenis Usaha : Produsen Pizza Dan Frozen Food
    Alamat : Jl. Bareng Raya 2N / 567 A Malang
    Narasumber : Sandhika Layung Sinawang
    Host : Meidhi Wiriyoko
  3. KIM Kidul Dalem
    Tgl. 30 Aguatus 2023
    Jenis Usaha: Pengrajin mebeler dari kayu palet/jati belanda
    Narasumber : Agus Driwiyono
  4. KIM Rodowo
    Tgl. 31 Agustus 2023
    Jenis Usaha: hand-made kristik sepatu sandal
    Narsum : Bu Neneng
    Host.      : Kadir Wahyudi

Podcast tersebut, diikuti oleh masing-masing anggota pengurus KIM, sementara mentor pelatihan dan implementasi langsung dipimpin oleh Adit cs yang diawasi Febri dari Diskominfo Kota Malang.

“Kami yakin, bahwa dengan podcast ini akan menjadi tolak ukur baru, khususnya dalam mempraktekkan pembuatan industri konten di masa depan bagi masing-masing KIM,” tutupnya.

KIM-RODOWO bisa menyimpulkan bahwa target pembuatan podcast audio vidio yang berkualitas bertema peningkatan UMKM adalah untuk mewujudkan ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan KIM, dan berkelanjutan. (Qq/awik/kdr)

Authors: rizky fadilah/awik wahyudi/kadir wahyudi
Editor: sandika maulana putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *