Karang Taruna Oro-oro Dowo, Mengadakan Pelatihan Usaha Mikro dengan Branding Sosial Media dan Digital Marketing
KIM-RoDoWo, – Kelurahan Oro-oro Dowo Kecamatan Klojen, Kota Malang, Karang Taruna “Puspa Nagari” Kelurahan Oro-oro Dowo menggelar Pelatihan Usaha Mikro, ‘Branding Sosial Media dan Digital Marketing’ bagi anggota karang taruna untuk meningkatkan pemberdayaan anggota.
Kegiatan ini dibuka oleh Pak Lurah Solikin, dan diikuti oleh seluruh unsur pemuda dari 10 RW se Kelurahan Oro-oro Dowo, Ketua LPMK, Babinkamtibmas, Babinsa, KIM Rodowo, dan kasi PM dari kelurahan sebagai pihak pendamping kegiatan.
Sebelum membuka, Pak Solikin selaku lurah sempat menyinggung masa bhakti Karang Taruna Puspa Nagari Kelurahan Oro-oro Dowo dan diharapkan bisa dikomunikasikan dan/atau dibentuk setelah sesi pelatihan IT. Selasa, (8/11/2022)
Bagaimanapun juga, masa bhakti Karang Taruna periode 2019-2022 sudah habis. Sekarang, Katar memasuki periode 2022-2027. Tetapi, periodical system saat ini, masa bhaktinya selama 5 tahun sesuai dengan perda kota Malang no 13 tahun 2010 dan permendagri no. 18 tahun 2018 tentang LKD (lembaga kemasyarakatan desa) dan LAD (lembaga adat desa).
62 tahun yang lalu Karang Taruna lahir, tepatnya pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu Jakarta.
Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menggali potensi diri sebagai generasi muda.
Bagaimanapun juga, dan siapapun itu, seluruh anggota Karang Taruna berhak mendapatkan kesempatan mengikuti program pengembangan diri serta pengembangan ekonomi kreatif.
Pada malam ini, selasa (8/11) Karang Taruna mengajak dua pemuda yang memiliki potensi diri sebagai narasumber dengan dua macam pelatihan, antara lain: yang pertama, adalah pelatihan membrending product dan kedua adalah marketing digital system.
Pemateri pertama, Samuel Wibisono N dalam materinya bagaimana cara membrending sebuah product yang mudah diterima oleh masyarakat.
“Yang pertama adalah membrending product itu adalah rasa dan kwalitas harus diutamakan, dan yang kedua adalah memberi kenamaan yang mudah diingat oleh masyarakat,” terang Samuel
Dan tak kalah pentingnya, adalah bagaimana cara memasarkan sebuah product, materi ini diberikan oleh Angga jajasaputra.
Angga menyampaikan terkait marketing atau marketplace dari sebuah product yang telah dibranding sedemikian rupa harus diikuti bagaimana cara menjual atau memasarkan dengan media tehnology atau IT sebagai sarana marketing.
“Marketplace harus ada tetapi tidak harus ada di sebuah pasar-pasar tetapi di rumah atau dimanapun dan bagaimana caranya bisa dipasarkan melalui website, tik-tok, vidio conten dan media tehnology lainnya yang sekiranya sekian banyak orang melihat dan tertarik untuk beli,” terang Angga.
“Ya, kita harus sering update hasil product kita secara continue dan setiap hari. Itu bagian dari strategy marketing techmology system,” pungkasnya.
Setelah sesion ke 2, dilanjut pemilihan ketua Karang Taruna periode 2022-2027 yang dipimpin langsung oleh Pak Yeye, dan dengan musyawarah mufakat, proses pemilihan Ketua Karang Taruna “Puspa Nagari” disepakati untuk dipimpin kali ke dua lagi oleh Rivaldy Priambodo atau akrab dipanggil Vava.
Vava, atau Rivaldy Priambido menyampaikan sambutannya bahwa kedepan akan memberikan kinerja yang lebih baik dan perlu ada pergantian beberapa pengurus yang dikarenakan sudah tidak aktif sama sekali, agar organisasi Karang Taruna lebih hidup lagi.
“Disamping menghidupkan lagi keanggotaan yang tidak aktif, terkait kegiatan pengelolaan UMKM di kalangan kita, sebagai pemuda, anggota Karang Taruna, harus kita awali dari berbagai macam product kita sendiri, mulai dari produk kerajinan, makanan, by IT design,” tutupnya. (awik/k.red)